Syafa’ah


Assalamuallaikum Warahamatullahi Wabarakatuh…….

Ahlan Wa Sahlan sahabat bloger yang dirahmati ALLAH SWT.
Bagaimana dengan kabarnya ? Semoga selalu dalam lindungan-Nya, Amin Ya Rabbal Alamain.

Pada kesempatan kali ini saya ingin sedikit berbagi ilmu mengenai apa itu Syafa’ah ?
Mungkin ada yang sudah mengetahui ? atau bahkan sering mendengar kata tersebut. Tapi tidak masalah jika harus mengulasnya sekali lagi atau mungkin ada yang belum mengetahui.

Langsung saja Bismillahirrahmirrahiim……..🙂

“Apa yang dinamakan Syafa’ah menurut Ahlul Tauhid ?.”

“Yang dinamakan Syafa’ah adalah do’a kepada orang yang memberi Syafa’ah, agar diberi Syafa’ah pada orang yang berdo’a .. kemudian ALLAH SWT mengabulkan pada siapa saja yang ALLAH kehendaki untuk diberi Syafa’ah.”

~ Apakah boleh berdo’a untuk meminta Syafa’ah ? dan apakah dalilnya ?

Tentu boleh karena Syafa’ah yang nantinya kita peroleh adalah sebagai keuntungan dan Rahmat yang diberikan oleh-Nya untuk kita, adapaun dalilnya.

Firman ALLAH SWT dalam Al-Qur’an:

“Dan tidaklah ALLAH akan memberi Syafa’ah kepada kalian, kecuali kepada orang yang dirdihoi.”

Dan banyak dari malaikat-malaikatyang ada di langit, tidak mendapatkan Syafa’ah sedikitpun, kecuali setelah mendapat izin dari ALLAH SWT, bagi mereka adalah makhluk yang diridhoi.”

Dan sesungguhnya beliaulah yang ALLAH SWT beri mandat sebagai pemegang Syafa’ah beliau Rasulullah SAW.

Tiada seorangpun, termasuk semua malaikat ALLAH yang diberi Syafa’ah kecuali Rasulullah Muhammad SAW. Dan ingatlah wahai saudaraku cintailah beliau sayangilah beliau bersholawatlah serta memohon syafa’ah kepadanya. Beliau kekasih ALLAH yang diberi kepercayaan pemohon Syafa’ahuntuk umatnya yang beliau pilih untuk dimohonkan agar ALLAH SWT memberik Syafa’ah kepadanya.

Luarbiasa Subhanallah, seburuk apapun umatnya, beliau selalu mendo’akan agar umtnya diampuni dosa-dosanya diberikan Rahmat serta Hidayah untuk kembali ke jalan yang benar.
Cinta dan kasihnya kepada Umatnya tanpa Syarat dan Alasan patutnya kita lebih mencintainya lebih menyayangi dengan berwujud meneladaninya.

Ingatkah ketika Rasulullah hendak wafat apa yang ia sebut sebut diujung penjemputan nyawanya:

“Ummati ummati ummati.” (Umatku umatku umatku)

“Akiimusholaah akiimusholaah akiimushollah.” (Jangan pernah meninggalkan sholat)

Hingga nafasnya diujung tenggorokan kemudia lepas menuju langit. Subhanallah Rasul kita sahabat Rasul kita Rasul kekasih ALLAH kebanggan tauladan kita.

Sahabat seharusnya kita tahu, Syafa’ah ada 2 macam, yaitu:

~Syafa’ah Sugro (Syafa’ah kecil): Adalah Pertlongan yang diberikan dari ALLAH SWT lewat Rasulullah kepada makhluk-Nya yang masih hidup.

~Syafa’ah Kubro: Adalah pertolongan yang diberikan ALLAH SWT saat makhluk-Nya sudah tidak lagi di dunia (meninggal).

Berikut contoh Syafa’ah Sugro:

“Ketika kita sedang di jalan bersama teman kita dan kemudian ada mobil yang munuju cepat ke arah kita, saat mobil itu mendekat kita akan tertabrak tapi ALLAH SWT memberikan pertolongan-Nya dengan menyelamatkan kita lewat teman kita yang akhirnya menarik tangan kita, hingga kita selamat.”

contoh Syafa’ah Kubro:

“Saat kita kembali kepada-Nya maka ditutuplah pintu taubat sudah, terputus amal perbuatan yang dilakukan di dunia hanya sisanya yang pernah kita lakukan di dunia baik maupun buruk, dan semuanya akan dihisab seadil-adilnya, begitupun saya, anda dan kami semua setiap orang tidaklah sempurna pasti semua memiliki kesalah dan pernah berbuat dosa, Dan itu yang kita harapkan disana kelak Rasulullah SAW memohonkan Syafa’ah untuk kita para umatnya agar diringankan beban kita dan ikut bersamanya sebagai penghuni syurga tentu saja umat yang dikehendaki Rasulullah SAW untuk memperoleh hadia terbesar teristimewah terluarbiasa terSubhanallah untuk diberik Syafa’ah, tapi bukan berarti umat yang lain tidak… ingatlah sampai detik inipun Rasulullah SAW tetap mendo’akan umatnya agar selalu diampuni dosa-dosanya dan di berim Rahmat oleh-Nya tapi urusan Syafa’ah Kubro siapa tahu, dialah orang dan umat yang beruntung kelak disana jika mendapatkan Syafa’ah Kubro.

Amin Amin Ya Rabbal Alamin…..Semoga ALLAH SWT senantiasa memberikan Rahmat dan perlindungan-Nya untuk kita semua… dan niatkan segala kebajikan hanya untuk DIA dan membahgiakan kekasih-Nya untuk meneladaninya, sukseslah fii dunya wal Akhiroh Amin Amin Ya Rabbal Alamin.

Mungkin sekian dulu dari sedikit ilmu yang bersumber dari Ajwibatul Gholiyah semoga bermanfaat dan mohon maaf atas segala kata dan pengetikan…………

Waasalamuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s