Tata Krama Tidur


Assalamuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh….

Selamat sore salam ukhuwah bagi pengguna dan pengunjung bloger yang terhormat.
Pada kesempatan kali ini saya ingin membagi ilmu saya yah sedikit ilmu, semoga saja bermanfaat. Semoga apa yang saya ketahui apa yang saya dapat dan saya bagi dapat bermanfaat dan ditarik sisi baiknya.

Untuk kali ini saya mengangkat Bab tentang Tata Krama Tidur seperti judul di atas. Waah ternyata di dalam Islam ketika kita hendak tidur adapun tata caranya sunnah-sunnah yang dianjurkan, semata-mata demi meraih Ridho-Nya.

~ Apabila kita hendak tidur (malam) Sunnahnya sebelum tidur adalah mensucikan diri, dengan cara berwudhu, dimana tidur kita menjadi suatu Ibadah InsyaALLAH.

~ Ketika badan dalam keadaan suci atau sudah berbalut Air Wudhu kemudian sebelum tidur terlebih dahulu untuk menyiapkan tempat tidur, menggelar tempat tidur. Kala jaman dahulu menggelar tikar karna masih belum ada kasur, ranjang atau tempat tidur. Lalu membersihkannya agar tempat yang kita tiduri bersih dan nyaman.

~ Menghadap Kiblat, setelah kita menyiapkan dan membersihkan tempat tidur. Berbaring menghadap ke barat seperti miringnya mayat di liang lahat. Ketauhilah bahwasannya tidur diumpamakan orang yang MENINGGAL, begitu juga dengan bangun tidur diumpamakan seperti BANGUN dari kubur. Sewaktu- waktu ALLAH SWT mengambil ‘Ruh’ diwaktu malam, kita dalam keadaan siap untuk bertemu dengan-Nya.

~ Setelah itu, membuat wasiat atau tulisan di kertas atau buku, bisa disebut dengan buku harian, yang dimana tulisan itu nantinya diletakkan di bawah bantal. Disini yang dimaksud wasiat adalah.. seperti rahasia yang menyangkut amanah untuk orang lain, yang berkwajiban untuk disampaikan, hutang-hutang yang belum terlunasi, janji yang mungkin kita buat dengan oranglain atau sumpah, nadzar yang belum terbayar dimana wasiat ini digunakan untuk memberitahukan kepada keluarga jika sewaktu-waktu kita TIADA.
Karena apabila kita telah TIADA segala hutang, janji, sumpah, amanat yang wajib disampaikan, tak lagi bisa kita bayar dan tepati kelak di akhirat sana. Memang dalam membuat wasiat ini terkesan kita besok telah TIADA, namun setiap makhluk tidak ada yang tahu kapan batas umur masing-masing. Juga tidak umum dilakukan dalam membuat wasiat ketika kita hendak tidur, Si sunnahkan memang, namun jika dilakukan itu akan lebih baik dalam mempersiapkan keTIADAAN kita agar tak lagi meninggalkan beban berat dalam sebuah kepergian dan perjalanan selanjutnya..

~ Kemudian, tidurlah dengan membaca do’a hendak tidur dan Istighfar untuk mengiringi tidur kita, yang bertujuan memohon ampun kepada ALLAH SWT atas segala dosa-dosa dan kekhilafan yang disengaja maupun tidak dimana DIA yang maha tahu. Dan berjanji tidak lagi mengulangi kemaksiatan yang sempat kita lakukan kemarin.

ALLAH SWT senantiasa bersama kita, semoga dalam Sadar dan Tidur kita ALLAH SWT selalu dalam hati kita, dan terhindar dari godaan setan serta amarah dan nafsu yang dapat menguasai diri kita.

Semoga bermanfaat, “Raihlah WajibNya kemudian teruskanlah perjalananmu dengan SunnahNya.”
Mohon maaf apabila ada salah kata dan ketikan.
Akhirul kalam…. Wassalamuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..🙂

2 thoughts on “Tata Krama Tidur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s